Selasa, 16 April 2013

STADION TERMEGAH DI INDONESIA

hari ini, aku down sikit...entah karena SKY FC, klub sepak bola yang ku bangun di dunia maya lewat sebuah game, TOP ELEVEN, tuan sky sebagai manager hehehhehe..tapi dilain hal aku juga harus sisihkan uang tuk membangun infrastruktur, moral pemain, dan pemain baru..Harus putar otak layaknya Manager klub sebenarnya. Tapi itulah game,,bukan hanya kesenangan semata, tapi juga ilmu bagaimana cara membangun sebuah klub pofesional. Apalagi sekarang, Indonesia juga dilanda masalah dalam persepakbolaan. dan aku menggap ini ilmu bukan game.

Dualisme, dua liga, ISL yang di isi klub-klub "ternama" dan sudah memiliki system yang bagus KATANYA. dan IPL, yang didirikan oleh letua PSSI baru, Djohar Arifin. Masalah dalam tubuh PSSI, prestasi TIMNAS yang makin merosot karena nomor 8 di Asia Tenggara,,parahnya sanksi  FIFA seakan didepan mata,,sangat memilukan.Tapi apapun masalah yang terjadi, aku tak peduli. Bagiku kita semua harus belajar dari semuanya walaupun aku bukan pemain TIMNAS atau salah satu klub di Indonesia..

Membangun sebuah Klub sepakbola profesional, membutuhkan tidak sedikit biaya..
Tentunya sebuah klub harus memiliki Stadion dan gedung penunjang sebagai markas bagi sebuah klub. Mulai dari rumput, kursi, penerangan, papan skor, ruang ganti dan ruang konferensi pers, dll. saya memimpikan untuk membangun sebuah stadion yang memenuhi standar Internasional untuk negeri kita. Selain sarana olahraga, yang bisa mengurangi beban Gelora Bung Karno (GBK) nanti nya. Karena setiap pertandingan Internasional hanya di adakan di GBK, sehingga yang menonton mayoritas orang atau suporter yang berdekatan dengan GBK. Tapi juga pelecut klub-klub lain agar menyediakan yang terbaik tidak hanya bagi suporternya tapi persepakbolaan Indonesia. 

Stadion bukan hanya kursi, kualitas rumput, papan skor penerangan, ruang siaran, ruang ganti saja, tapi juga dilengkapi dengan penunjang lainnya, seperti :
1. Sarana parkir, 
 Sepertinya ini sepele tapi bagi saya ini sangat penting. Penataan parkir yang bagus menjadi kesan tersendiri bagi penonton. Karena kalau stadion kita parkirnya tidak di atur atau di alih tugaskan ke "pihak ketiga" akan menimbulkan masalah bukan kesan negatif misalnya parkir liar dengan harga mahal. Sehingga penonton malas ke stadion. Perlu diingat kehadiran penonton sangat berarti bagi pemain dan ekonomi klub juga. betul tidak ??
 2. Toko klub
Di toko ini klub bisa menjual acesoris yang berhubungan dengan klub, kostum, syal, dll. Income juga bagi klub, apalagi kalau dibangun bangunan lain seperti cafe atau restoran. Tidak rugi juga yah membangun stadion bertaraf Internasional.
3. SSB
Untuk re-generasi klub diperlukan pelatihan yang bertahap agar menghasilkan pemain-pemain muda berbakat. Sehingga klub tidak kehilangan stock pemain agar tetap berprestasi. dan stadion kecil sebagai tempat pelatihan.
4. Rumah Sakit,
ini disediakan untuk pertolongan bagi pemain yang cidera. dengan akses yang dekat dan plus service yang profesional dan berkelanjutan.
5. Lampu penerangan dan Video
Lampu penerangan dan video besar di dalam dan diluar stadion untuk pertandingan di malam hari atau pertandingan tertentu. wah, stadion ku hampir selesai....
6. Apartemen (untuk para pemain dan pemain tamu)
....Yang utama nya adalah aku akan bangun MESJID di area Stadion. Inilah mimpiku membuat pusat olahraga yang bernama "stadion".......
maju terus sepakbola Indonesia.........


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar